Ngeri! Ternyata 5 Tumbuhan Ini Hidup Dari Memakan Daging

Ngeri! Ternyata 5 Tumbuhan Ini Hidup Dari Memakan Daging

Ngeri! Ternyata 5 Tumbuhan Ini Hidup Dari Memakan Daging

BANDAR BOLA TERPERCAYA - Saat duduk di bangku sekolah kita mempelajari kalau tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri lewat proses fotosintesis. Tapi berbeda dengan tumbuhan-tumbuhan unik berikut ini, sebab mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan cara memakan hewan, umumnya serangga. Tumbuhan-tumbuhan ini disebut tumbuhan karnivora. Bukannya mereka tak bisa berfotosintesis, namun tumbuhan-tumbuhan ini hidup di tanah miskin nitrogen sehingga harus mencukupi nitrogennya dengan cara yang ekstrem!
Sarracenia
Tumbuhan mirip kantong semar ini tak hanya unik karena memiliki kantong yang panjang, namun juga warna-warninya yang menarik. Tumbuhan ini menggunakan warnanya yang indah untuk menarik serangga. Uniknya, tumbuhan ini menghasilkan madu yang mengandung “narkotik” yang akan membuat serangga mabuk atau bahkan mati hingga akhirnya jatuh di dasar kantong perangkap dan mati. Tapi tumbuhan ini tak selalu bermusuhan dengan serangga. Beberapa serangga seperti lebah justru merupakan sahabat tanaman ini sebab membantu penyerbukannya. Oleh karena itu, bunga mereka terletak tinggi di atas kantong penjebak untuk mencegah lebah masuk ke dalam perangkap tumbuhan ini.
Nepenthes
Spesies ini merupakan tumbuhan pemakan serangga asli Asia, termasuk Indonesia. Tumbuhan yang juga dikenal sebagai kantong semar ini memiliki kantong yang dapat menampung air hujan yang berfungsi untuk menenggelamkan mangsa yang jatuh ke dalamnya. Berbagai jenis monyet juga menggunakan tumbuhan ini seperti cangkir sebab mereka meminum air hujan yang tertampung di dalam kantong tumbuhan ini. Uniknya, salah satu spesies tumbuhan ini, yaitu Nepenthes rajah merupakan tumbuhan karnivora terbesar di dunia. Bahkan, tumbuhan ini pernah tertangkap basah sedang mencerna tikus. Wow, dengan ukuran kantong sebesar itu, mungkin kucing atau anjing seukuran chihuahua saja bisa mereka makan. Coba bayangkan kalo mereka tumbuh lebih besar lagi. Bisa nggak ya mereka bisa memangsa manusia?
Byblis
Byblis berasal dari Australia. Tanaman yang terkenal dengan sebutan tanaman pelangi ini melakukan mekanisme penjebakan yang cenderung bersifat pasif. Kelenjar kecil menutupi bagian daun-daunnya yang kemudian menghasilkan zat seperti getah. Cairan lengket ini cukup ampuh merayu serangga terbang. Begitu bertengger di daun-daun tersebut, korbannya hampir dipastikan tak bisa ke mana-mana. Kelenjar sessile di daunnya langsung mengeluarkan cairan untuk segera mencerna mangsanya.
Utricularia
Utricularia adalah tanaman karnivora yang memiliki lebih dari 200 spesies. Umumnya Utricularia ini disebut sebagai Bladderworts. Jenisnya yang banyak tersebar di seluruh benua, kecuali di benua antartika, diantara tipikal daerah yang berair dan terestrial. Dijuluki sebagai bladderworts, sebab tanaman ini menggunakan organ mirip bladder atau kantung kemih untuk menjebak mangsanya. Korbannya bisa berupa protozoa atau hewan bersel satu, larva nyamuk dan ikan-ikan kecil. ‘Pintu penjebakannya’ terhubung dengan bulu tanaman yang sensitif. Sehingga begitu terusik, kantung tersebut akan langsung menyedot korban. Dengan waktu singkat, mangsanya langsung terlahap.
Dionaea Muscipula
Diantara semua tanaman karnivora, Dionaea Muscipula inilah yang paling popular. Tanaman asli dari pantai timur Amerika Serikat ini sangat menyukai serangga kecil. Mekanismenya tak jauh berbeda dengan yang lain. Begitu bulu sensitif dalam daunnya terangsang, daun tersebut langsung mengatup. Mangsa pun terjebak di dalam. Tanaman ini tidak lagi membuang waktu, melainkan segera mencerna dan menyerapnya. Proses ‘makan’ ini sedikit lebih lama. Tanaman ini memerlukan waktu sekitar 10 hari untuk mengkonsumsi korban secara keseluruhan. Ada kemungkinan untuk melarikan diri bagi mangsa yang memiliki badan mungil. Daun kemudian akan kembali terbuka setelah 12 jam kemudian.
Itulah beberapa tanaman-tanaman pemakan daging. Ternyata di balik tampilan mereka yang rata-rata terlihat indah dan nggak berbahaya, ada misi untuk menjebak dan menghancurkan mangsanya dengan tanpa ampun. Buat kamu yang masih penasaran, yuk simak ulasan selengkapnya tentag tumbuhan pemakan daging divideo yang ada di halaman ini Famous People! (non)

No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.