Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Sebagian besar wisatawan Indonesia saat liburan di Bali akan mengunjungi tempat wisata Kuta dan objek wisata di Ubud. Kedua objek wisata di Bali tersebut menawarkan objek wisata alam, namun dengan kriteria yang berbeda. Objek wisata Kuta Bali lebih cocok untuk anda yang ingin liburan ke pantai pasir putih. Sedangkan objek wisata Ubud lebih cocok untuk anda yang ingin liburan ke objek wisata alam berupa sawah teraseing atau air terjun alami. Khusus di halaman ini, saya akan memberikan anda informasi tentang salah satu tempat wisata alam yang ada di sekitar kawasan Ubud. Salah satunya adalah adalah objek wisata air terjun Tegenungan.
air terjun tegenungan

Objek Wisata Ubud & Wilayah Sekitarnya

Objek wisata Ubud, sebagai destinasi wisata sangat terkenal ke mancanegara. Daya tarik objek wisata Ubud karena di Ubud tersedia tempat wisata kesenian, budaya, sejarah dan alamnya yang masih asri. Hal ini membuat tempat wisata di Ubud Bali selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Baik wisatawan asing atau wisatawan Indonesia.
Sebagian besar wisatawan yang pertama kali liburan ke Ubud Bali akan berkunjung ke museum, melihat relief sejarah, atau menonton tari-tarian traditional khas Bali seperti tari Barong Ubud. Selain sejarah, seni dan budaya, objek wisata Ubud juga sangat terkenal akan wisata alam, seperti trekking di bukit Campuhan, wisata Ayung rafting Ubud.
Jika anda menyukai wisata petualangan di alam, maka Ubud salah satu tempat terbaik untuk wisata alam. Di Ubud terdapat banyak perusahaan penyedia jasa wisata petualangan yang berstandar international, seperti Sobek rafting Ubud. Wisata bersepeda ke daerah pedesaan sambil melihat pemandangan sawah, juga dapat anda lakukan di obyek wisata Ubud.
Namun bagi anda yang pernah berlibur sebelumnya ke Ubud, saya yakin pastinya anda ingin mencari alternatif objek wisata alam yang berbeda di Ubud atau wilayah sekitar Ubud. Oleh karena itu pada halaman ini, saya akan menuliskan untuk anda, informasi mengenai objek wisata air terjun Tegenungan Gianyar yang lokasinya berdekatan dengan Ubud.

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan

pancoran air terjun kemenuh
Ketika anda sampai di lokasi parkir kendaraan, anda akan melihat banyak toko-toko kecil yang menjual sovenir untuk oleh-oleh. Dari area tempat parkir kendaraan, untuk mencapai lokasi air terjun, anda harus berjalan kaki dengan menuruni anak tangga. Dari anak tangga, anda sudah dapat melihat pemandangan air terjun yang di apit oleh pepohonan rindang.
Air terjun Tegenungan, memiliki tinggi kira-kira 4 meter, tapi memiliki debit air yang lumayan banyak. Debit air terjun akan sangat besar pada saat musim hujan, yaitu kisaran bulan Desember sampai Februari. Di dasar air terjun anda akan dapat menemukan area kecil seperti kolam. Air di dalam kolam sangat jernih dan cocok buat anda yang sekedar ingin bermain air atau mandi. Namun saat musim hujan, disarankan anda tidak mencoba mandi, karena debit air sangat besar. Selain dapat melihat pemandangan air terjun, di lokasi air terjun ini, anda juga dapat melihat pura dan pancoran air yang berasal dari mata air alami.

Lokasi Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Objek wisata air terjun Tegenungan Gianyar juga memiliki nama lain yaitu air terjun Kemenuh, karena berada di desa Kemenuh kabupaten Gianyar. Alamat atau Lokasi dari air terjun Kemenuh, berada di Desa Kemenuh yang merupakan wilayah Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Untuk melihat lokasi pasti dan mengetahui jalan menuju air terjun Tegenungan Gianyar, mohon di lihat pada peta di bawah ini!
Dilihat dari peta, maka lokasi air terjun Tegenungan adalah lokasi air terjun yang terdekat dengan Bali Selatan. Sebagian besar air terjun di Bali berlokasi di daerah pengunungan atau daerah yang memiliki dataran tinggi. Tetapi air terjun Tegenungan, satu-satunya yang berada di dataran rendah.
Jika anda menginap di kawasan wisata Kuta, untuk mencapai lokasi dari air terjun Kemenuh akan menumpuh jarak 33 kilomter, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit, tentunya jalan dalam kondisi normal atau tidak macet.
Lokasi air terjun tidak berada di tepi jalan, agar anda menemukan lokasi dari air terjun Kemenuh, anda perlu menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan dari tempat parkir, sampai anda menemukan bibir sungai Petanu. Untuk menuruni ratusan anak tangga, tidak begitu terasa capeknya. Tapi saat anda harus kembali ke tempat parkir kendaraan, maka anda harus menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan. Di sinilah ketahanan stamina anda di uji. Jadi jika anda kurang kuat untuk menaiki anak tangga, kami tidak sarankan anda untuk mengunjungi tempat wisata air terjun ini.

Fasilitas, Tiket Masuk & Tempat Parkir

Objek wisata air terjun Tegenungan sebelumnya kurang mendapat perawatan, namun sekarang sudah mulai rapi, tertata dan bersih. Hal ini akan terlihat pada saat anda sudah sampai di tempat parkir kendaraan. Khusus di areal parkir, anda akan melihat adanya warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman.
Dulu saat di tempat ini ada wisata bunjee jumping, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan anak-anak sebesar Rp 2.000. Wisata bunjee jumping saat ini sudah tidak ada lagi di lokasi wisata air terjun Kemenuh. Kemudian tidak ada biaya masuk ke objek wisata air terjun alami Tegenungan.
Namun untuk membiayai perawatan tempat wisata, saat ini setiap pengujung akan di kenakan tiket masuk objek wisata. Untuk tiket masuk anda akan dikenakan biaya Rp 15.000 / orang. Dengan adanya biaya tiket masuk, objek wisata air terjun alami Tegenungan mulai terlihat tertata rapi.

Pilihan Transfortasi Wisata Di Bali

Di objek wisata air terjun Tegenungan tidak ada sarana transfortasi umum, jadi anda harus membawa kendaraan sendiri. Tentunya saat anda wisata di Bali, sangatlah mudah mencari penyedia jasa Bali rent car yang dapat anda cari melalui media mesin pencari seperti Google.
Bagi anda yang tidak terbiasa mengemudi di jalanan yang agak rusak dan kecil, maka kami sarankan anda untuk mencari jasa sewa mobil di Bali dengan supir.
Objek wisata air terjun Tegenungan sangat dekat dengan lokasi dari pasar seni Sukawati. Di pasar Seni Sukawati anda dapat membeli beranekaragam oleh-oleh khas Bali yang dijual dengan murah. Jika anda pintar dalam menawar, maka anda akan jauh mendapatkan harga murah untuk oleh-oleh khas Bali


No comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Powered by Blogger.